Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Jumat, 26 April 2013

PEMROGRAMAN JARINGAN



1.    Pengertian Pemrograman Jaringan
Pemrograman Jaringan modern sekarang ini berbasis pada model client/server. Pada sebagian besar kasus, server biasanya mengirim data, sedangkan client menerimanya. Pembahasan tentang model Client/Server tidak akan lepas dari konsep sistem terdistribusi. Sebab client/server merupakan model dasar dari sistem terdistribusi. 
Ada dua organisasi yang menstandarisasi pemrograman jaringan dan protokol di internet, yaitu:

  •   Internet Engineering Task Force (IETF) : TCP/IP, MIME, dan SMTP.

  • World Wide Web Consortium (W3C) : HTTP, HTML, XHTML, MathML, dan XML.

Computer Network, atau jaringan komputer, merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan melalui media fisik / non fisik (wireless) dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut. Jadi, pemrograman jaringan adalah pemrograman aplikasi komunikasi  yang menggunakan fasilitas dan akses yang disediakan oleh jaringan komputer .

2.    Tipe Jaringan
Tipe jaringan dibedakan atas dua antara lain yaitu:
1.      Berdasarkan geografisnya (ruang lingkup)
a.       LAN (local Area Network)
b.      MAN (Metropolitan Area Network)
c.       WAN ( Wide Area network)
d.      Internet
a.       LAN (Local Area Network)
Jaringan milik pribadi  (private network) di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi.  Biasanya menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.
b.      MAN (Metropolitan Area Network)
Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.  MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.


c.       WAN (Wide Area Network)
Mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua. Dan memilik banyak elemen switching.
 





d.       Internet
Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Tanpa mengikuti protokol standard ini, komputer kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.
1.    Tipe jaringan komputer berdasarkan modelnya
a.    Server Workstation
b.    Peer to Peer
c.    Client Server
a.     Server Workstation
Server hanya bertugas sebagai penyimpanan data. Proses dijalankan di masing-masing workstation/Terminal. Workstation-workstation tersebut akan menggunakan file secara bersamaan (file sharing). Proses yang besar dibutuhkan workstationberkemampuan besar (RAM & processor). Contoh : LAN (Novell Netware, Banyan Vines)
 


a      b.       Peer to Peer
-       Komputer pada sebuah jaringan peer-to-peer dapat berfungsi sebagai sebuah client maupun sebagai sebuah server.
-       Jaringan peer-to-peer tidak memiliki kontrol terpusat (centralized control) pada sumber daya yang terbagi (shared resources).
-       Semua peralatan dapat membagikan sumber dayanya dengan semua komputer pada jaringan yang sama.
-       Hubungan peer berarti tidak ada satu komputer-pun yang memiliki prioritas akses  tertinggi, maupun tanggung jawab tertinggi untuk membagikan sumber daya.
-       Semua pengguna (user) pada jaringan peer-to-peer dapat bertindak sebagai administrator jaringan.
-       Setiap pengguna dapat memutuskan apakah pengguna lain dapat meng-akses sumber daya secara sederhana hanya dengan melakukan permintaan (requesting), atau harus menggunakan kunci (password).
bc.    Client Server
Komputer dalam jaringan yang berfungsi sebagai client dan server. Server adalah komputer yang memiliki resource seperti aplikasi, cd-rom, printer yang bisa di-share oleh client. Client server ini termasuk 2 (two) tier, yaitu layer server dan layer client.  Contoh : Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows 2003, UNIX, LINUX dengan Windows 98/NT Workstation / Windows XP/LInux.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar